Rabu, 02 Februari 2011

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Posted by SOCKAWANGY 21.17, under | No comments

Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 dan merupakan Universitas yang bersifat nasional. Selain itu Universitas Gadjah Mada juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan Universitas pembina di Indonesia Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas dan satu program Pascasarjana (S-2 dan S-3). Universitas Gadjah Mada termasuk universitas yang tertua di Indonesia, berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Visi & Misi
*Visi

Menjadi universitas riset kelas dunia yang unggul, mandiri, bermartabat, dan dengan dijiwai Pancasila mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa.
*Misi
Misi Umum :

Melaksanakan pembelajaran dan pengabdian berbasis riset.
Misi Khusus :
Meningkatkan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berkelas dunia, beridentitas kerakyatan serta membangun sosio-budaya Indonesia
Menuntaskan transisi UGM menjadi universitas yang mandiri dan mempunyai tata kelola yang baik (Good University Governance).

Tujuan
Menjadi universitas riset kelas dunia yang beridentitas kerakyatan dan berakar pada sosio-budaya Indonesia
Menjadi Universitas yang mandiri dan bertata kelola baik (Good University Governance).
Sasaran
Untuk tujuan "Menjadi universitas riset kelas dunia yang beridentitas kerakyatan dan berakar pada sosio-budaya Indonesia" :
1.Terwujudnya pembelajaran berbasis riset
2.Tercapainya peningkatan reputasi dan akreditasi internasional di bidang Pendidikan, Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat
3.Tercapainya peningkatan jejaring kerjasama internasional
4.Tercapainya peran UGM yang selalu meningkat dalam penyelesaian masalah bangsa dengan pendekatan kerakyatan dan sosio-budaya Indonesia mencakup advokasi keunggulan lokal ke tingkat dunia Untuk tujuan "Menjadi Universitas yang mandiri dan bertata kelola baik (Good University Governance)" :
5.Tuntas status dan transfer aset tetap
6.Tuntas penyiapan sistem manajemen dan tahapan menuju pengelolaan SDM PT BHMN
7.Tersusunnya laporan keuangan sesuai standar akuntansi yang berlaku bagi universitas yang mandiri
8.Tercapainya good governance dalam sistem manajemen
9.Tercapainya peningkatan berkelanjutan kapasitas kerjasama dan pengembangan usaha

0 komentar:

Posting Komentar