Rabu, 02 Februari 2011

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Posted by SOCKAWANGY 22.42, under | No comments


Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada tanggal 24 Oktober 2009 nanti telah berusia 51 tahun. Usia yang telah matang untuk sebuah lembaga pendidikan. Setengah abad lebih satu tahun bukanlah waktu yang pendek, Ibarat manusia, anak-anaknya sudah dapat mandiri. Oleh karena itu, UMS juga bertekad agar lulusannya dapat mandiri dan tidak tergantung sepenuhnya pada status pegawai. Mereka didorong untuk menjadi seorang pencipta pekerjaan yang mampu memberi pekerjaan bagi orang lain. Para lulusan didorong untuk dapat membantu masyarakat di sekitarnya untuk dapat lebih berdaya, sehingga tercipta banyak kesempatan untuk bekerja. Untuk mendapatkan lulusan yang mampu berdikari, UMS terus melakukan upaya-upaya peningkatan pelayanan, fasilitas dan Sumber Daya Manusianya agar dapat memberikan yang terbaik kepada masyarakat.,
Pada tahun 1990-an UMS mulai kedatangan mahasiswa dari negara lain, Thailand dan Malaysia. Tahun 2004, mahasiswa dari China belajar di Mahad Abu Bakar Ash-Shidiq UMS, tahun 2006, mahasiswa dari Iraq belajar di Fakultas Kedokteran, dan tahun 2007 UMS bekerja sama dengan Kingston University di London. Ini artinya, UMS telah bersiap-siap untuk menjadi warga dunia (global community). Dengan demikian, jika di suatu saat nanti pasar bebas itu benar-benar sudah tak terbendung, maka lulusan UMS tetap dapat ikut bersaing dengan mereka yang berasal dari negara-negara maju sehingga tetap survive. Lulusan UMS harus menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan tetap istiqomah dalam keislaman dan keimanan, seperti: kejujuran, integritas, suka bekerja keras dan disiplin.
Universitas Muhammadiyah Surakarta ingin kita kembangkan sebagai universitas yang terus maju ke depan dengan tetap mempertahankan nilai-nilai Islam. Dengan 11 Fakultas yang terdiri dari 44 Program Studi ditambah 7 Program Pascasarjana, merupakan sebagian bukti bahwa UMS memang sedang berusaha keras untuk ikut berperan aktif dalam menyiapkan kader – kader bangsa lewat pendidikan tinggi. UMS selalu menghimbau agar para lulusannya menyebar ke seluruh penjuru dunia dengan membawa nilai-nilai Islam ke dalam kehidupannya, sehingga Islam benar-benar menjadi rahmatan lil ‘alamin.
UMS dengan beasiswa dari Dirjen Dikti terus mengirimkan dosen-dosennya ke negara maju (Eropa, Amerika dan Australia) untuk belajar lebih dalam terhadap ilmu yang ditekuninya. Selain itu, untuk memberikan kemudahan dan akses cepat mendapatkan informasi terbaru bagi sivitas akademikanya, UMS juga membangun Bookstore and Computer Shop, perpustakaan yang ditata dengan model Local digitally Administered Library, serta melengkapi laboratorianya dengan peralatan yang memadai.
UMS telah mengembangkan sistem belajar dengan Teknologi Komunikasi dan Informasi (ICT). Proses Belajar Mengajar, Pengisian Nilai, KRS, Akses ke Perpustakaan, Pembayaran SPP, dan lain sebagainya dilakukan dengan sistim onlines. Dengan demikian diharapkan UMS menjadi universitas yang unggul dan mampu melahirkan sarjana-sarjana yang berwawasan luas, mempunyai daya saing tinggi dan tidak gagap dengan teknologi.
Untuk itu UMS merasa perlu mempunyai media untuk mempublikasikannya. Salah satu media adalah Website ini. Oleh karena itu saya menyambut baik diluncurkannya website UMS.Peluncuran website ini dimaksudkan sebagai sarana informasi kepada masyarakat tentang keberadaan UMS hari ini dan gambaran masa depan secara singkat Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Fasilitas dan Unit Penunjang
Universitas Muhammadiyah Surakarta hingga akhir tahun Akademik 2006/2007 ini telah memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai. Di bidang fisik, sarana dan prasarana tersebut meliputi tanah dan bangunan beserta peralatannya sebagai fasilitas penunjang pendidikan, dan akan senantiasa ditingkatkan baik fungsi maupun pemanfaatannya. Tanah, bangunan dan fasilitas tersebut antara lain:
Tanah di Komplek Kampus I, seluas 41.556 m2 dimanfaatkan untuk unit-unit perkantoran, Tanah dan Bangunan di komplek Kampus II, seluas 66.183 m2, Tanah dan bangunan di Komplek Makamhaji, yang dimanfaatkan untuk Pondok Hajjah Nuriyah Shabran dua lantai sebagai asrama Mahasiswa Pondok Putri, dan satu unit satu lantai untuk perkuliahan dan Kantor Pondok serta Asrama dan Pondok putra seluas 1.512 m2, di atas tanah seluas 10.000 m2 yang terdiri dari 12 unit gedung/kopel, dan Tanah yang belum dimanfaatkan penggunaannya, meliputi :
Tanah seluas 50.721 m2, terletak 2 km di sebelah utara kampus UMSTanah seluas 39.754 m2, terletak di Desa Pabelan, dan desa Blulukan Colomadu Tanah seluas 22.500 m2, terletak di Desa KartasuraTanah seluas 2.800 m2, terletak di Penumping, Surakarta.

UNIT PENUNJANG AKADEMIK:

Perpustakaan
Perpustakaan Pusat Univesitas Muhammadiyah Surakarta didesain untuk menjadi pusat akademik di kampus. Hingga tahun 2006 koleksi yang ada di perpustakaan universitas meliputi lebih dari 105.000 buku, 1840 jurnal,1541 majalah, desertasi, ratusan tesis, 2910 makalah penelitian, 194 laporan penelitian, 600 CD dan disket, serta dokumen audio visual lainnya. Koleksi tersebut tersaji dalam bahasa Indonesia, Inggris dan Arab.

Pusat Komputer dan Internet
Pusat komputer berfungsi sebagai unit penyimpan dan pengolahan data dari seluruh rangkaian kegiatan akademik maupun administrasi. Unit ini dipersiapkan untuk peningkatan efektifitas da efisiensi pelayanan administrasi, pelayanan kepentingan pendidikan mahasiswa, dosen, karyawan, dan pelayanan kepada masyarakat luas, baik untuk kepentingan pendidikan, penelitian maupun pelayanan jasa lain.
Pusat internet dibangun sebagai pusat sistem informasi manajemen. Unit ini juga menyediakan kepada mahasiswa, dosen atau sivitas akademika yang lain untuk mengakses semua kebutuhan yang memmerlukan internet sebagai alat untuk komunikasinya. Selain itu pusat internet digunakan senagai sarana untuk mendapatkan efektifitas dan efesiensi dari stiap tujuan. Pekerjaan dari system informasi manajemen ini untuk meningkatkan pelayanan akses ainformasi akademi dan jasa.

Laboratorium
Ada beberapa macam laboratorium yang di gunanakan sebagai alat penunjang proses belajar mengajar dan penelitian ilmiah, baik untuk ilmu alam maupun ilmu social. Diantara laboratorium untuk ilmu eksakta penginderaan jarak jauh, mekanika tanah, teknik tenaga listrik, fisika, elektronika, materi konstruksi tanah, beton, biologi, pompa air, pompa mekanik, geomorpfologi, pengukuran tanah, CNC, hidrologi, biokimia, mikrobiologi makanan, kimia makanan, parasitologi, dan lai-lainnya. Sedangkan laboratorium untuk ilmu social antara lain; laboratorium bahasa, konsultasi dan konseling, psikologi, akuntansi, manajemen, perbankan, dan micro teaching. Laboratorium yang telah dimiliki secara umum telah memenuhi standar kebutuhan yang ada dan senantiasa dikembangkan dan dilengkapi secara bertahap sesuai dengan kebutuhan.

Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pada Masyarakat
Lembaga Penelitian secara fungsional bertugas mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan penelitian ilmiah di kalangan sivita akademika; sebagai pengelolaan dan penyelenggaraan penelitian, baik penelitian ilmu-ilmu dasar, sosial teknologi dan kebudayaan; pelaksana kegiatan penelitian untuk untuk pendidikan, pembinaan, dan pembaharuan pemahaman terhadap Islam.
Sementara itu Pengabdian kepada Masyarakat bertugas mengkoordinasikan kegiatan pengabdian kepasa masyarakat yang diselenggarakan oleh fakultas baik secara individual maupun kelompok, mengembangkan model pengabdian kepada masyarakat baik melalui pelatihan sumber daya manusia ataupun meningkatkan tingkat kehidupannya. Aktifitas unit in berhubungan dengan mengelola dan menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat baik bersifat institusional maupun pengabdian kepada masyarakat sebagai hasil kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta; mengembangkan model pembinaan dan pengembangan masyarakat melalui berbagai kondisi sosial yang ditangani.

Media PenerbitanUntuk mensosialisasi produk - produk akademik Universitas Muhammadiyah Surakarta telah memiliki berbagai penerbitan yang dikelola oleh universitas, dosen, mahasiswa serta karyawan. Baik pada tingkat universitas maupun fakultas/jurusan sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuni. Penerbitan yang dikelola itu antara lain: AKDEMIKA (universitas), SHUHUF (Fakultas Agama Islam), VARIDIKA ( Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), MIBAS ( FKIP jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah), EMPIRIKA (Fakultas Ekonomi), FORUM GEOGRAFI (Fakultas Geografi), GELORA HUKUM (Fakultas Hukum), GELAGAR (Fakultas Teknik), KOGNISI (Fakultas Psikologi), INFOKES (Fakultas Ilmu Kedokteran), HUMANITY (Language Center), PHARMACOM (Fakultas Farmasi), SUARA PUSTAKA (Resensi Buku Perpustakaan), HUMANIORA, SAINS DAN TEKNOLOGI, dan ILMU SOSIAL (lembaga Penelitian). Sedangkan penerbitan yang dikelola oleh mahasiswa antara lain: Majalah PABELAN, Tabloid PABELAN POS, BALANCE (Ekonomi), FIGUR (FKIP), YUSTISSICA (Hukum), KONTUR (Teknik), GLOBE (Geografi), PSICHE (Psikologi), ISLAMIKA (FAI), Tabloid USHULUDDIN (Jurusan Ushuluddin) SHABRAN (Pndok Hajjah Nuriyah Sabran), IBNU SHINA (Fakultas Ilmu Kedokteran) dan CAMPUS (Muhammadiyah University English Course).Agar dapat mendukung produktifitas akademik mUniversitas Muhammadiyah Surakarta mendirikan MUP (Muhammadiyah University Press). MUP tidak hanya berfungsi sebagai media percetaan dan publikasi para dosen dan mahasiswa dilingkungan universitas tetapi juga berfungsi sebagai penerbit yang professional, yang melayani kebutuhan masyarakar akademisi atau bisnis yang lebih luas.

Lembaga Pengembangan Ilmu-Ilmu Dasar (LPID)
a.Lembaga Studi IslamLembaga Studi Islam adalah lembaga yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pengkajian Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam kaitannya dengan berbagai aspek kehidupan, baik bersifat sosial budaya, politi, ekonomi, pendidikan dan kesehatan, pengaktualisasian kembali materi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta pada semua jenjang, peningkatan penghayatan keagamaan di kalangan sivitas akademika,serta menjalin kerjasama dengan unsure di dalam dan di luar UMS dalam berbagai forum.

b.Pondok Hajjah Nuriyah SabranPondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Sabbran menjalankan pendidikan berdasarkan pada prinsip-prinsip pendidikan di pondok. Yaitu pondok sebagi system pendidikan (bercirikan keagamaan) yang integratif, sebagi masyarakat belajar, sebagai wahana pengembangan individu secara optimal dalamsebuah dinamika kelompok, sebagai pendidikan kemandirian, dan pondok sebagai pengembangan pribadi yang utuh. Secara institusional Pondok hajjah Nuriyah Sabbran bertujuan membentuk ulama intelektual dan/atau intelektual ulama yang mempunyai kemampuan sebagai pembimbing kerohanian dan sebagai rujukan keagamaan masyarakat.

c.Pusat BahasaDalam usaha mendukung mutu akademik Universitas Muhammadiyah Surakarta mendirikan sebuah Pusat Bahasa yang secara bertujuan meningkatakan kualitas staf pengajar dan mahasiswa terhadap bahasa asing terutama bahasa Inggris. Sejak tahun akademik 1998/1999 Pusat Bahasa dipercaya sebagai penyelenggara Program Bahasa Inggris Profesi (untuk jurusan Non-Bahasa Inggris) dan Program Profesi (untuk jurusan Bahasa Inggris)
Pusat Pelayanan Kesehatan

Fasilatas pelayanan kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta selain melayani seluruh sivitas akademika juga melayani masyarakat umum. Oleh karena itu Pusat Pelayanan Kesehatan UMS secara bertahap melengkapi peralatannya untuk dapat melayani kliennya dengan lebih baik. Seluruh pelayanan diusahan dengan biaya yang seringan mungkin tanpa mengurangi profesionalisme sebagai petugas kesehatan
Kafetaria dan Toko BukuAda beberapa kafetaria yang melayani mahasiswa dan sivitas akademika yang ada di lingkungan kampus. Kafe-kafe tersebut menyediakan berbagai masakan baik makanan tradisonal mauun modern. Tempatnya bersih dan harganya terjangkau. Pelayannya cukup bersahabat.Sementara itu ada toko buku yang menyediakan buku-buku ilmiah baik ilmu eksakta, ilmu social, ilmu bahasa dan lainya yang diterbitkan oleh penerbit eksternal maupun internal. Selain itu toko buku tersebut juga menjual komputer dan peralatan kantor lainnya.

Fasilitas Olah Raga, Seni dan Tempat Santai
Universitas Muhammadiyah Surakarta menyediakan fasilitas Olah Raga yang cukup bervariasi seperti Beladiri, lapangan Basket, lapangan tennis, lapangan Badminton, Gedung Olah Raga, Panjat Tebing, Tempat Memancing, Sepak Bola. Sementara itu fasilitas seni ada Panggung Teater, StudioBand, Tempat Pemutaran Film.

0 komentar:

Posting Komentar